Cara Agar Ayam Kandang bebas Tungau

Wujudnya terlampau kecil dan halus. Akan tetapi aktivitasnya bisa merusak bulu dan kulit ayam peliharaan. Binatang kecil ini bisa dicegah dengan selamanya mempertahankan kebersihan kandang ayam. Bagaimana merawat kebersihannya ?



Tungau merupakan sejenis hama sama kutu berukuran terlampau kecil, merskipun bukan juga makhluk mikroskopis.

Besarnya sama dengan butiran debu halus, namun warnanya tersedia yang keputih-putihan, kelabu, cokelat, atau kemerahan.

kandang ayam kampung petelur, menjual kandang ayam, kandang ayam kampung super, kandang ayam potong, kandang ayam ketawa, kandang ayam kate
Kandang ayam sehat, bebas tungau gara-gara teratur dibersihkan.
gambar : ternakayampelung.com
Hewan berukuran kecil ini cepat sekali

berkembang biak di dalam kala singkat, sehingga gampang menyebar ke mana-mana. Selain berubah secara langsung, tungau bisa berubah gara-gara terbawa angin. Hama ini bisa menjadi musuh utama ayam, lantaran hidupnya sebetulnya terhadap bagian-bagian khusus dari kandang. Apalagi kecuali keadaan kandang tidak cukup terjaga kebersihannya, populasinya akan makin lama menjadi-jadi. Dari hanya bagian kandang, tungau akan merembet dan berubah lebih dari satu ke tubuh ayam piaraan. Kotoran ayam dan sisa-sisa makanan yang menumpuk merupakan sasaran empuknya.



Gundul dan Luka

Akibat yang ditimbulkan oleh tungau ini terutama adalah rusaknya organ luar ayam peliharaan, terutama bulu dan kulitnya. Helaian bulunya rontok.

Demikian pula tangkai bulunya, bisa lapuk bahkan hancur. Kalau perihal ini dibiarkan terus, tubuh ayam akan menjadi gundul. Untuk setelah itu tungau akan menyerang kulit, sengatannya memadai menggatalkan, dan selanjutnya akan timbul luka yang membuat ayam piaraan tidak menarik lagi.

Jaga Kebersihan Kandang

Sebelum tungau terlanjur terlihat dan berkembang biak, cara efisien yang mesti kita melaksanakan adalah merawat kebersihan kandang. Setiap kali terdapat

kotoran ayam dan sisa makanan yang berserakan, hendaknya selamanya dibuang. Kotoran di seluruh bagian kandang dibersihkan mengfungsikan sapu lidi, kemudian disiram air. Lebih baik ulang kecuali menyiramnya mengfungsikan slang yang dihubungkan dengan kran air, sambil lantainya disikat mengfungsikan sikat ijuk.

Pintu kandang dibiarkan terbuka terutama dahulu, sambil menunggu lantai kering.s elain itu, permukaan tanah di kolong kandang di membersihkan ddari kotoran yang menumpuk hingga bersih.

Setelah kering, seluruh bagian kandang yang udah dibersihkan sebaiknya disemprot minyak tanah mengfungsikan sprayer, baru kemudian diratakan dengan kain lap. Ditunggu hingga bau minyak tanah berkurang, kira-kira hingga sore hari, baru ayamnya kita masukkan ke di dalam kandang kembali, untuk merawat kemungkinan ayam alergi terhadap bau minyak tanah. Kalau cara ini teratur ditunaikan maka gangguan tungau akan gampang dihindari.

Perlakuan semacam ini juga berlaku kecuali kandang ayam udah terlanjur dihuni tungau. Bedanya, kecuali terhadap pencegahan, kandang yang udah kering memadai kita semprot minyak tanah, namun terhadap pemberantasan bisa mengfungsikan desinfektan, bila KmnO4 (powder) yang dicampur dengan formalin 40% dengan perbandingan 2 : 1 per satuan ruangan (meter kubik). Larutan ini bertugas ganda. Formalinnya yang menguap membunuh tungau, sedang KmnO4-nya membunuh kuman bakteri dan sekaligus juga deodoran melawan baru formalin yang menusuk. Sebaiknya kandang ayam ditutupi kain, sehingga uap formalin tidak menyebar ke mana-mana, serta ayamnya lebih pernah disingkirkan juga juga ternak lainnya. Ayam peliharaan boleh dimasukan kandang kembali, kecuali bau formalin di dalam kandang udah berkurang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Jinakkan Burung Perkutut

Cara Memelihara Living Stone

Sejarah Ayam sebagai Simbol kekuasaan