Fakta Wow Tentang Sepeda

Selain sebagai alat bermain yang seru, sepeda pun mendapat julukan sebagai kendaraan yang paling efisien. Julukan ini tidak berlebihan, sebab pada dasarnya sepeda ini tidak pakai bahan bakar dan tidak membuahkan emisi serupa sekali. Selain itu, di perkotaan yang lantas lintasnya sering macet, jikalau Jakarta, waktu tempuh perjalanan di dalam kota bersama dengan sepeda seringkali lebih cepat daripada pakai kendaraan bermotor. Berikut ini adalah fakta-fakta yang sanggup disebut luar biasa berkenaan sepeda.

Meski bentuknya serupa sepeda, tetapi ciptaan Baron von Drais di th. 1987 ini lebih tepat disebut sebagai alat untuk berlangsung bersama dengan dua roda. Dua roda itu diameternya sama. Roda depan sanggup dibelokkan, sedang roda belakang tetap. Pengendaranya duduk di kerangka dan untuk menjalankannya lumayan bersama dengan mendorongkan kaki sehingga alat ini menggelinding, sebab tidak tersedia pedal. Alat yang keseluruhannya terbuat dari kayu ini dinamaii Draisienne dengan sebutan lain mainan kuda-kudaan. Ini berlangsung sebab ia kurang populer sebagai kendaraan. Baru pada th. 1840 Kirpatrick Macmillan memberikan pedal dan boleh dibilang ini adalah cikal-bakal sepeda layaknya yang tersedia saat ini ini.

Sepeda kemudian terus berkembang. Bahkan pada th. 1940, dibuat sepeda bersama dengan 5 sadel (quindem) untuk pertama kalinya. Hebatnya, penggunaan ban yang diisi udara, layaknya ban saat ini ini, justru lebih dulu digunakan di sepeda daripada di sepeda motor.

Setiap mil kayuhan sepeda dibanding bersama dengan laju mobil bakal kurangi sekitar satu pound karbon dioksida yang terlepas mengotori atmosfir bumi. Karbon dioksida adalah satu gas penyebab dampak rumah kaca yang menjadi pemicu terjadinya pemanasan global. Mobil umumnya membuahkan 5 ton karbon dioksida setiap tahun.

fakta unik berkenaan sepeda, fakta keren luar biasa dari sepeda, fakta berkenaan sepeda fixie, berkenaan sepeda
Sepeda tanpa pedal, lumayan didorong bersama dengan kaki untuk mengendarinya
Selain irit kekuatan dan kurangi polusi, sepeda termasuk irit tempat. Sebanyak 20 sepeda sanggup mendiami ruangan parkir untuk 1 mobil. Amsterdam tetap menjadi kota sepeda terbaik dan terbesar pengguna sepedanya di Eropa, apalagi di dunia. Lalu lintas di Amsterdam kurang lebih 40 prosen dipadati oleh sepeda. Selain jalan tertentu bagi pesepeda, di ibukota negeri Belanda ini, parkir sepeda di stasiun-stasiun sanggup berisi sampai puluhan ribu sepeda.

Ada miliaran sepeda di semua dunia, dan kuantitas ini dua kali lebih banyak dari kuantitas mobil. Lebih dari 1/2 miliar sepeda berada di China. Jumlah ini kurang lebih 250 kali dibanding kuantitas mobil di negeri Tirai bambu ini. Sepeda masuk ke Negeri China pertama kali pada era th. 1800-an.

Semoga memberi pencerahan bagi yang membawa hobi bersepeda dan “mari sehat bersama dengan bersepeda”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Jinakkan Burung Perkutut

Cara Memelihara Living Stone

Sejarah Ayam sebagai Simbol kekuasaan