Gaillardia Bunga Padang Rumput

Nenek moyang Gaillardia merupakan tanaman liar asal Amerika bagian barat, agar ia ringan tumbuh tanpa perawatan khusus. Keistimewaan lain,

tanaman ini toleran terhadap cuaca panas dan tanah yang kering. Hal ini menjadikannya bunga potong andalan selama musim panas.


Tanaman berbunga canitk ini biasa disebut bunga padang rumput (prairie flower), gara-gara habitat aslinya sebenarnya berasal berasal dari lingkungan berumput atau di area yang terbuka.

Semusim dan tahunan

Genus Gaillardia terdiri berasal dari 28 spesies, beberapa besar bertipe annual (semusim), dan sisanya perennial (tahunan). Gaillardia
aristata satu-satunya type yang berasal berasal dari Amerika Utara bagianBarat.


Gaillardia juga tanaman semak, tingginya tidak lebih berasal dari 30 cm. Daunnya bersifat pinate dan punya bulub-bulu halus
di permukaannya. Bentuk batang perbungaannya tinggi dan langsing, jikalau varietas Goblin yang merupakan varietas mini. Varietas goblin sering digunakan sebagai border taman.

Varietas yang bertangkai bunga panjang memerlukan tiang atau pancang untuk menjaga tanaman selamanya tegak. Beberapa varietas yang tenar adalah red plume, Yellow Sun, Goblin, dan Yellow Queen. Budidaya tanaman
Gaillardia mampu diperbanyak dengan biji. Floribunda Nursery mendatangkan biji tanaman ini berasal dari Negeri Belanda dan menanamnya di kebun Cibodas. Suhu area selanjutnya yang berkisar 19 – 22oC, terlalu cocok bagi perkembangan tanaman ini.

Tanaman memerlukan tanah yang berdrainase baik, penanaman terhadap tanah berlempung sebaiknya dihindari.
Ia pun memerlukan cahaya matahari penuh agar perbungaannya optimal. Tahap pembenihan di mulai terhadap penaburan benih terhadap sarana humus pakis. Sepuluh hari kemudian benih sudah mulai berkecambah, dan dipindahkan ke didalam polibag berukuran 10 cm yang memuat humus bambu. Bibit dipelihara selama 1 bulan didalam polibag.


Sebelum dipindahkan ke polibag memuat sarana tanah, sekam, dan bambu dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Sekitar satu bulan kemudian bibit sudah mampu ditanam di kebun. Pemupukan tanaman memanfaatkan NPK cair  dengan dosis 22 cc/liter. Pemupukan dilakukan 2 minggu sekali mulai terhadap era pembenihan hingga dengan pembungaan. Kurang lebih sesudah satu bulan penanaman di kebun, Gaillardia sudah mulai berbunga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Jinakkan Burung Perkutut

Cara Memelihara Living Stone

Sejarah Ayam sebagai Simbol kekuasaan