Manfaat Akar Terung Ngor untuk Kesehatan Hati

Tak layaknya terung biasa, terung ngor tak begitu banyak dimanfaatkan sebagai bahan sayur-sayuran, sebab rasa buahnya yang pahit bercampur getir. Itu sebabnya ia disebut terhitung terung pahit. Hanya orang Sunda yang masih sanggup nikmati sebagai terung peuheur untuk sayur. Terung ngor (Solanum indicum) adalah perdu yang tingginya antara 30-150 cm. Ia biasa tumbuh liar di antara semak-semak tempat pantai bersama dengan batang tegak yang bercabang banyak sekali.

Buahnya sebesar telur burung merpati berwarna hijau terkecuali muda dan berubah kuning terkecuali matang. Baru terhadap usia empat bulan terung ngor menjadi berbuah. Setelah itu ia sanggup berbuah terus menerus sampai usia dua tahun.

Akarnya sanggup dimanfaatkan sebagai jamu peluruh air seni, sejak buah pertama keluar dan sanggup disimpan di dalam bentuk kering. Apa persentase terung ngor ini belum jelas, tetapi telah sejak dulu terbukti berkhasiat memperlancar kemacetan orang menghilangkan air kecil.

Sifat diuretic (peluruh) ini sanggup menyembuhkan sakit liver yang disebabkan oleh kemacetan fungsi. Penyakit liver yang penyebabnya virus atau lainnya, tidak sanggup disembuhkan oleh akar terung ngor ini. Istri seorang pejabat dari Gorontalo yang menderita liver sejak lama (karena problem fungsi) tak kunjung sembuh oleh penyembuhan medis biasa. Baru sehabis meraih resep akar terung ngor, penyakit yang dideritanya sanggup sembuh mirip sekali. Kini, sekitar dua th. sehabis itu ia telah segar-bugar tak dulu kambuh ulang penyakitnya.



Resep terung ngor yang dipakai ialah : satu ons akar terung ngor dicuci bersih dan direbus bersama dengan tiga gelas air sampai air rebusan jadi satu gelas. Setelah dingin, air rebusan diminum langsung. Aturan minumnya, tiga kali sehari, yakni terhadap pagi, siang dan sore. Resep ini untuk sekali minum di setiap kali mesti memanfaatkan akar baru.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Jinakkan Burung Perkutut

Cara Memelihara Living Stone

Sejarah Ayam sebagai Simbol kekuasaan